5 Seruan Ketua KAMMI Untuk Perbaikan Organisasi

Jumat, 20 Juni 20140 komentar



Derit Vikiyono
 5 Seruan Ketua KAMMI Untuk Perbaikan Organisasi
Oleh : Derit Vikiyono
Dalam musyawarah kerja Daerah I PD KAMMI Ponorogo, ada 5 seruan agenda untuk memperbaiki langkah KAMMI 2013-2016 yang disingkat ADDIL. Kelima seruan  agenda itu adalah :
1. Aksi
Secara internal maupun eksternal kader KAMMI harus beraksi. Aksi yang berupa kontribusi untuk organisasi dan kontribusi untuk mensikapi kondisi sosial, politik, budaya, pendidikan, pariwisata dan kondisi lainnya.Aksi berupa gerakan ODOJ (One Day One Juz), gerakan Pemuda Bangun Desa untuk SOSMAS, Gerakan untuk Indonesia, gerakan kepakaran, gerakan angkat tangan amal kebaikan (GATAK) untuk delegasi amanah dan perekrutan kader, Gerakan pemilu kita, Gerakan kampong cerdas dll. Intinya kader KAMMI harus mampu menjadi pelopor, inisiator dan kolaborator dalam gerakan perubahan sosial.
2. Diskusi
Forum-forum diskusi harus mulai dimulai di Ponorogo untuk menciptakan kader yang kaya wacana, bukan sekedar ikut aksi tanpa pemahaman. Pantangan bagi kader KAMMI hanya ikut-ikutan atau taklid buta. Maka forum diskusi ini penting adanya.Diskusi bisa dilakukan sebagai bagian dari internalisasi pemahaman Muslim Negarawan dan juga untuk mencetak macan-macan asia yang mampu menggetarkan Musuh Allah Swt. Tindakan akan lebih bermakna ketika diubah menjadi kata, bahkan kata akan mampu menghasilkan tindakan yang luarbiasa. Karena tindakan adalah akar dari keyakinan dan keyakinan dibangun dari pemahaman, dan pemahaman didapat dari informasi yang didapat kemudian diyakini dan diungkapkan. Maka forum diskusi ini pentin.Dalam tindaklanjutnya, KAMMI Ponorogo juga penting untuk membuka diri dan berdiskusi dengan anggota DPR, Bupati serta elemen-elemen masyarakat lain guna membuka wacana, menjadi bagian dari rakyat dan ikut serta dalam memberikan solusi-solusi.
3. Dokumentasi
Dokumentasi yang dimaksud disini adalah berupa 1)foto kegiatan, 2)Tulisan/report kegiatan, dan 3)file-file penting dari kegiatan itu. Satu hal kelemahan di KAMMI yaitu tentang arsip. Seringkali arsip ini tercecer dan gagal diwariskan kepada pengurus selanjutnya. Maka dikepengurusan ini mari kita awali untuk mengarsipkan segala sesuatu yang terjadi.Untuk foto kegiatan dan report tulisan bisa secara teknis langsung diunggah di FB, sdangkan untuk file-file bisa diarsipkan di E-Mail pdkammi.ponorogo@gmail.com.
4. Inovasi
Inovasi dan kreatifitas mutlak adanya kita butuhkan sebagai kader KAMMI. KAMMI Ponorogo saat ini membutuhkan inovasi-inovasi baru untuk mendobrak gerakan ini sehingga bisa leading sebagai gerakan Mahasiswa yang terdepan. Inovasi juga dibutuhkan untuk merekrut kader, mengelola kader dan menembakkan kader menjadi leader di lembaga-lembaga diluar KAMMI. Inovasi dalam membentuk kader mutlak dibutuhkan sehingga kader KAMMI bisa Nampak cemerlang secara kapasitas dimanapun ia berada.Selain inovasi secara internal, maka kita juga perlu inovasi secara eksternal untuk meningkatkan bargaining position, fund raising dan networking. Kita perlu berinovasi untuk membangun ketiganya sehingga secara eksternal KAMMI dapa eksis sebagai gerakan Aksi Mahasiswa.
5. Literasi
Penting bagi kader KAMMI untuk menulis karena dengan menulis maka gagasan-gagasan besar itu dapat diwariskan turun temurun meskipun penulisnya telah tiada. Selain itu saat ini media menjadi salah satu penopang penting diera demokrasi, maka mutlak penting bagi kader KAMMI memiliki kecakapan literasi. Terkhusus kader AB2, wajib hukunya memiliki tulisan satu bulan minimal satu tulisan. Dan kader KAMMI semua wajib memiliki blog sebagai bagian dari ekspose gagasan dan narasi untuk peradaban serta sebagai alat pantau kaderisasi untuk menilai progress seorang kader.
“Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui akan yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan. Qs. At-Taubah : 105

Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KAMMI Ponorogo - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger